Dibuat untuk memenuhi tugas salah satu matakuliah Metode Penelitian.
Hipotesis Berkenaan dengan Penelitian Rata-rata Tingkat Permintaan Produk LCD pada
PT. DEL INDONESIA
Perusahaan perlu melakukan pengujian terhadap kumpulan hasil
pengamatan mengenai berbagai masalah, Hal tersebut berhubungan dengan keragaman
dan rata-rata yang banyak digunakan untuk membuat kesimpulan melalui pengujian
hipotesis mengenai parameter, maka dari itu dilakukan analisis varian yang ada
dalam cabang ilmu statistika yaitu anova.
Pengertian anova adalah suatu
teknik untuk menguji kesamaan beberapa rata-rata secara sekaligus. Uji yang
dipergunakan dalam anova adalah
uji F karena dipakai untuk pengujian lebih dan 2 sampel. Anova terdiri dari atas dua metode, yaitu metode satu arah dan
dua arah. Metode anova satu arah digunakan untuk mencari nilai rata-rata
pemakaian suatu barang atau jasa, bisa juga untuk mengukur rata atau tidaknya
produksi yang berlangsung pada satu bagian. Dalam anova satu arah ini terbagi
mejadi dua bagian perhitungan, yaitu perhitungan dengan jumlah sampel yang sama
banyak dan jumlah sampel yang berbeda.
PT. DEL INDONESIA merupakan perusahaan yang memproduksi LCD
berbagai macam gadget maupun alat elektronik lainnya. Perusahaan ingin
mengetahui rata-rata tingkat pemesanan LCD untuk produk smartwatch, smartphone dan PC tablet
hasil produksinya memiliki persamaan atau justru berbeda. Perusahaan menggunakan
metode anova satu arah dengan sample tidak sama banyak untuk menghadapi masalah
tersebut.
Berdasarkan latar belakang serta masalah yang telah dipaparkan
sebelumnya, maka dibuatlah jawaban sementara atas masalah yang sedang
dihadapi atau bisa disebut dengan hipotesis.. Sebelum mendapatkan fakta yang benar, perusahaan
terlebih dahulu akan membuat dugaan tentang
masalah yang menjadi titik fokus saat ini.
Manfaat pembuatan hipothesis dalam menyelesaikan masalah yang
telah dijelaskan sebelumnya, hipotesis dapat memberikan suatu pernyataan hubungan
yang langsung dapat diuji dalam penelitian. Hipotesis jdapat memberikan arah kepada penelitian yang
dilakukan perusahaan mengenai langkah awal
yang seharusnya dilakukan. Hipotesis juga memberikan kerangka
untuk melaporkan kesimpulan masalah
yang sedang dihadapi.
Pembuatan
hipotesis akan diinterpretasikan ke dalam bentuk kalimat yang singkat namun sempurna dalam menyelesaikan
apa yang dibutuhkan untuk membuktikan hipotesis tersebut. Terdapat dua
jenis hipotesis yang dibuat, yaitu hipotesisn nol (H0) dan hipotesis
kerja (H1). Hipotesis
nol (H0) adalah hipotesis yang menyatakan tidak adanya hubungan
antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Artinya, dalam
rumusan hipotesis, yang diuji adalah ketidakbenaran variabel (X)
mempengaruhi (Y). Hipotesis Kerja (H1)
adalah hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel independen (X)
dan variabel dependen (Y) yang diteliti.
Berikut ini merupakan hipotesis yang
dibuat berdasarkan masalah diatas.
H0 = Tidak terdapat
rata-rata yang sama tingkat pemesanan LCD
untuk produk smartwatch,
smartphone dan PC tablet.
H1
= Sekurang-kurangnya terdapat rata yang sama tingkat pemesanan LCD untuk produk
smartwatch, smartphone dan PC tablet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar