Selasa, 04 November 2014

(Metode Penelitian) Hipotesis Berkenaan dengan Penelitian Rata-rata Tingkat Permintaan Produk LCD pada PT. DEL INDONESIA

Dibuat untuk memenuhi tugas salah satu matakuliah Metode Penelitian. 




Hipotesis Berkenaan dengan Penelitian Rata-rata Tingkat Permintaan Produk LCD pada
PT. DEL INDONESIA

Perusahaan perlu melakukan pengujian terhadap kumpulan hasil pengamatan mengenai berbagai masalah, Hal tersebut berhubungan dengan keragaman dan rata-rata yang banyak digunakan untuk membuat kesimpulan melalui pengujian hipotesis mengenai parameter, maka dari itu dilakukan analisis varian yang ada dalam cabang ilmu statistika yaitu anova.
Pengertian anova adalah suatu teknik untuk menguji kesamaan beberapa rata-rata secara sekaligus. Uji yang dipergunakan dalam anova adalah uji F karena dipakai untuk pengujian lebih dan 2 sampel. Anova terdiri dari atas dua metode, yaitu metode satu arah dan dua arah. Metode anova satu arah digunakan untuk mencari nilai rata-rata pemakaian suatu barang atau jasa, bisa juga untuk mengukur rata atau tidaknya produksi yang berlangsung pada satu bagian. Dalam anova satu arah ini terbagi mejadi dua bagian perhitungan, yaitu perhitungan dengan jumlah sampel yang sama banyak dan jumlah sampel yang berbeda.
PT. DEL INDONESIA merupakan perusahaan yang memproduksi LCD berbagai macam gadget maupun alat elektronik lainnya. Perusahaan ingin mengetahui rata-rata tingkat pemesanan LCD untuk produk smartwatch, smartphone dan PC tablet hasil produksinya memiliki persamaan atau justru berbeda. Perusahaan menggunakan metode anova satu arah dengan sample tidak sama banyak untuk menghadapi masalah tersebut.
Berdasarkan latar belakang serta masalah yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dibuatlah jawaban sementara atas masalah yang sedang dihadapi atau bisa disebut dengan hipotesis.. Sebelum mendapatkan fakta yang benar, perusahaan terlebih dahulu akan membuat dugaan tentang masalah yang menjadi titik fokus saat ini.
Manfaat pembuatan hipothesis dalam menyelesaikan masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, hipotesis dapat memberikan suatu pernyataan hubungan yang langsung dapat diuji dalam penelitian. Hipotesis jdapat memberikan arah kepada penelitian yang dilakukan perusahaan mengenai langkah awal  yang seharusnya dilakukan. Hipotesis juga  memberikan kerangka untuk melaporkan kesimpulan masalah yang sedang dihadapi.
Pembuatan hipotesis akan diinterpretasikan ke dalam bentuk kalimat  yang singkat namun sempurna dalam menyelesaikan apa yang dibutuhkan untuk membuktikan hipotesis tersebut. Terdapat dua jenis hipotesis yang dibuat, yaitu hipotesisn nol (H0) dan hipotesis kerja (H1). Hipotesis nol (H0) adalah hipotesis yang menyatakan tidak adanya hubungan antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Artinya, dalam rumusan hipotesis,  yang diuji adalah ketidakbenaran variabel (X) mempengaruhi (Y). Hipotesis Kerja (H1) adalah hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) yang diteliti.
Berikut ini merupakan hipotesis yang dibuat berdasarkan masalah diatas.
H0 = Tidak terdapat rata-rata yang sama tingkat pemesanan LCD untuk produk smartwatch,
smartphone dan PC tablet.
H1 = Sekurang-kurangnya terdapat rata yang sama tingkat pemesanan LCD untuk produk

        smartwatch, smartphone dan PC tablet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar